Minggu, 17 Juli 2016

Keberhasilan Pokemon GO menambah dorongan untuk perubahan di Nintendo


Rifanfinancindo - Keberhasilan fenomenal Pokemon GO dan lonjakan (7974.T) nilai pasar Nintendo Co. sebesar $ 17 miliar dalam lebih dari seminggu telah dimanfaatkan oleh salah satu investor yang paling vokal untuk menekan untuk perubahan strategi di perusahaan.

Sampai Pokemon GO, sebuah game mobile, diluncurkan lebih dari seminggu yang lalu, Nintendo telah mengambil setiap kesempatan untuk mengatakan fokus utamanya masih game konsol, dan game untuk smartphone hanya sarana untuk memikat lebih banyak orang untuk mereka.

Namun keberhasilan Pokemon GO - bahkan terduga oleh penciptanya - telah menunjukkan potensi augmented reality dan untuk Nintendo untuk memanfaatkan line-up karakter populer mulai dari Zelda ke Super Mario.

Seth Fischer, pendiri dan kepala investasi di Oasis Manajemen, adalah salah satu manajer hedge fund terkenal di Asia dan menjadi pemegang saham kecil tapi keras. Didorong oleh keberhasilan game mobile seperti "Permen Crush", ia telah berkampanye selama bertahun-tahun untuk pembuat konsol Jepang untuk mengembangkan dan menjual game untuk platform dijalankan oleh Apple (AAPL.O) dan Google (GOOGL.O).

"Saya berharap mereka sekarang akan memahami kekuatan smartphone," Fischer kepada Reuters. "Dan sebagai hasilnya, saya berharap ini berarti ada perubahan keseluruhan dalam strategi."

"Fokus berikutnya saya dengan Nintendo adalah bagi mereka untuk fokus pada Mendapatkan sisa 4.000 paten mereka untuk mobile gaming, multi-player game, dan lain-lain. Saya pikir mereka bisa membuat 30-60000000000 yen ($ 290.000.000 untuk $ 570.000.000) per tahun dari lisensi. "

Fischer telah dijelaskan Oasis sebagai penasehat entitas yang memiliki saham Nintendo dan pemegang saham. holding langsung dana itu tidak tercantum di kalangan investor terbesar perusahaan.

Nintendo Presiden Satoru Iwata tahun lalu memperingatkan terhadap berharap terlalu banyak perubahan di perusahaan. Ekspansi ke permainan smartphone itu "bukan karena kita telah kehilangan antusiasme atau prospek untuk bisnis konsol", katanya pada saat itu.

Seorang juru bicara Nintendo, ditanya tentang strategi mobile-nya, mengatakan pekan lalu ada tiga tujuan utama: ". Untuk memaksimalkan paparan dari properti intelektual Nintendo untuk konsumen, untuk membuat keuntungan pada perangkat mobile, dan untuk menciptakan sinergi dengan bisnis konsol"

Dia tidak berkomentar lebih lanjut tentang Pokemon GO.

"MAKANAN CEPAT SAJI"

Serkan Toto, pendiri berbasis di Tokyo konsultan industri game Kantan Games, kata Nintendo masih melihat dirinya sebagai pembuat konsol.

"Ketika Anda menjual $ 400 perangkat yang berdedikasi dan Anda menjual gamer kotak software untuk $ 60 sepotong - bagi mereka ini adalah standar emas," katanya. "Bagi mereka, ponsel adalah junk food. Menikmati sementara Anda menunggu bus Ini bukan sesuatu yang Nintendo melihat untuk dirinya sendiri."

Pokemon GO, bagaimanapun, telah sukses melarikan diri, menikah waralaba berusia 20 tahun klasik dengan augmented reality. Pemain berjalan di sekitar lingkungan mereka dalam kehidupan nyata, mencari dan menangkap Pokemon karakter kartun pada smartphone mereka.

Permainan ini diciptakan oleh Nintendo, Google-spin-off Niantic, dan Pokemon Company. Nintendo memiliki sepertiga dari Pokemon Company dan keduanya memiliki saham yang dirahasiakan di Niantic.

Nintendo belum mengomentari langkah berikutnya, yang banyak berspekulasi sekarang bisa melibatkan karakter favorit lainnya.

Kelompok hardware yang berfokus telah merencanakan untuk memperkenalkan perangkat yang disebut Pokemon GO Plus, yang bisa memungkinkan untuk kuda-kudaan di keberhasilan game mobile. Perangkat bergetar ketika karakter Pokemon dekatnya, memungkinkan pemain untuk menangkap mereka tanpa pemantauan konstan.

Pokemon GO berada di trek untuk menjadi game mobile pertama untuk memecahkan $ 4 dinding miliar per tahun, mengalahkan Candy Crush Saga dan Clash Supercell untuk Clans, menurut Macquarie Research. Namun dampak bottom line Nintendo bisa menjadi minimal karena kepemilikan bersama, sesedikit 3 persen dari laba bersih di tahun ini hingga Maret mendatang.

Niantic menolak berkomentar tentang masa depan hubungannya dengan Nintendo, meskipun dikreditkan daya tarik yang unik Pokemon untuk sukses permainan.

"Sudah indah untuk dapat menggabungkan filosofi kami untuk jenis-jenis permainan dengan afinitas yang kuat bahwa orang memiliki untuk Pokemon," Niantic CEO John Hanke kepada Reuters.

Namun para analis mengatakan menggila sinyal besar uang membuat peluang yang tersedia untuk Nintendo berbasis Kyoto - ketika akhirnya membawa hits lebih serius.

"Selama dekade terakhir mereka tidak pernah berkompromi pada sisi perangkat lunak. Itulah sebabnya mereka akan meniup semua orang keluar dari air setelah mereka mulai mengambil iOS dan Android lebih serius daripada yang mereka lakukan sekarang," kata Toto. "Keberhasilan Pokemon Go akan membuka mata para eksekutif di Kyoto. Ini belum pernah terjadi sebelumnya."

Tidak ada tanda-tanda, bagaimanapun, bahwa akan segera terjadi.

Dari empat game mobile yang Nintendo telah berjanji untuk memulai tahun keuangan ini hingga Maret, dua ditetapkan menjadi Animal Crossing dan Api Emblem - ada tanda-tanda dari Mario atau Donkey Kong, setidaknya belum.

(Laporan tambahan oleh Yoshiyasu Shida; Menulis dengan Ritsuko Ando dan Miyoung Kim; Editing oleh Raju Gopalakrishnan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar