Senin, 29 Agustus 2016

Dari Archives ORANG: Gene Wilder Menangis Goodbye untuk Istri Gilda Radner

Gene Wilder, aktor tercinta dari Willy Wonka and the Chocolate Factory, meninggal pada hari Minggu. Dia 83. Pada tahun 1991, hanya dua tahun setelah istri ketiga Wilder, komedian Gilda Radner, meninggal karena kanker ovarium, aktor menulis esai pribadi di majalah PEOPLE tentang kematian yang menyakitkan - dan mengapa ia percaya hal itu bisa dihindari. Membaca esai di bawah ini:

Rifanfinancindo

Bahkan saat ia sedang sekarat, Gilda Radner pergi untuk tertawa. Di rumah, Gene Wilder ingat, dia berlaku nya terkenal karakter Saturday Night Roseanne Roseannadanna, berteriak pada sel-sel kanker menyerang tubuhnya, '' Hei, apa yang Anda coba lakukan di sini? Membuat saya sakit? '' The kejam lelucon, tentu saja, ya, dan pada tanggal 20 Mei 1989, kanker ovarium diklaim kekasih komedi Amerika. Wilder adalah kehilangan. Sebagai Gilda pernah menggambarkan ikatan mereka, '' Hidup saya pergi dari hitam-putih untuk Technicolor. ''

Hari ini, di negara asal Connecticut di mana ia dan Gilda hidup setelah pernikahan mereka tahun 1984, Wilder tersenyum sedih saat ia menarik pad kertas dari laci meja berantakan. '' Saya menemukan ini sehari setelah pemakamannya, '' katanya, lalu diam-diam membaca kata-kata istrinya telah ditulis. '' Bagaimana perasaan Anda? '' Dia menulis di samping gambar dari tubuhnya. '' Sempit, tersumbat, ketakutan, '' jawabnya. '' Apa yang akan membuat Anda merasa tidak takut? "" Tulisnya. '' Jika seseorang bisa pasti memberitahu saya bahwa semuanya akan baik-baik saja. '' Itu adalah permintaan tidak ada yang bisa memenuhi. Namun, setelah bulan penelitian dan korespondensi dengan para ahli kanker di seluruh negeri, Wilder kini yakin bahwa '' Gilda tidak harus mati. ''

Pada tanggal 9 Mei ia tampil di hadapan subkomite DPR untuk memberitahu mereka begitu. '' Awalnya saya tidak berpikir itu akan membuat perbedaan jika saya bersaksi, tapi kami harus belajar dari masa lalu, '' katanya keputusannya untuk berbicara secara terbuka tentang penyakit Gilda ini dan misdiagnosis tragis yang dipimpin, ia berpendapat, mati tidak perlu awal dia. '' Aku tidak mencoba untuk menebus kesalahan yang tidak dapat dikoreksi, '' tambahnya. Sebaliknya, berharap '' untuk membantu menyelamatkan Gildas di luar sana yang masih memiliki kesempatan, '' ia bekerja dengan dokter untuk menyiapkan hotline dan kelompok dukungan untuk menyediakan wanita dengan informasi. Dia juga telah membantu mendirikan Gilda Radner ovarium Deteksi Center di Cedars-Sinai Medical Center di L.A. untuk menyaring calon berisiko tinggi dan menjalankan tes diagnostik dasar. Dia berbicara kepada koresponden Jane Sims Podesta dengan tujuan yang lain harus belajar dari kisah Gilda ini.

SAMPAI TIGA MINGGU SEBELUM Gilda meninggal, aku percaya dia akan membuatnya. Jika saya membuat satu kontribusi mimpi buruk ovarium-kanker ini, itu adalah bahwa aku begitu bodoh - atau bodoh atau tidak bersalah bahwa saya tidak pernah percaya dia akan mati begitu cepat. Tak pernah. Gilda akan bangun ketakutan di tengah malam dan meminta saya lagi dan lagi, '' Apakah aku akan mati? '' Saya terus mengatakan padanya, '' Aku akan mati sebelum Anda lakukan. '' Dan aku serius . Gilda terlalu kuat pejuang. rohnya tidak akan pernah menyerah pada kanker, pikirku. Aku salah.

Tiga hari sebelum dia meninggal, di Cedars-Sinai, ia harus pergi ke radiologi untuk CAT scan - tetapi orang-orang di sana tidak bisa menjaga dia di brankar. Dia mengoceh seperti wanita gila - dia tahu mereka akan memberikan morfin dan takut dia tidak pernah sadar kembali. Dia terus turun gerobak karena mereka mendorong keluar. Akhirnya tiga orang memegang dengan lembut dan berkata, '' Ayo, Gilda. Kami hanya akan turun dan kembali ke atas. '' Dia terus berkata, '' Keluarkan aku, aku keluar! '' Dia melihat saya dan mohon saya, '' Bantu aku keluar dari sini. Aku harus keluar dari sini. "" Dan aku katakan padanya, '' Kau baik-baik saja, Sayang. Aku tahu. Aku tahu. '' Mereka dibius, dan ketika dia kembali, dia tidak sadarkan diri selama tiga hari. Aku tinggal di sisinya larut malam, kadang-kadang tidur lebih. Akhirnya dokter mengatakan kepada saya untuk pulang untuk tidur.

Pada 04:00 Sabtu, 20 Mei dua tahun lalu, saya mendengar berdebar di pintu saya. Itu adalah teman lama, seorang ahli bedah, yang mengatakan kepada saya, '' Ayo. Saatnya untuk pergi. '' Ketika saya sampai di sana, seorang perawat malam, yang saya masih ingin berterima kasih, telah dicuci Gilda dan dibawa keluar semua tabung. Dia menaruh jepit cukup kuning di rambutnya. Dia tampak seperti malaikat. Begitu damai. Dia masih hidup, dan saat ia berbaring di sana, aku menciumnya. Tapi kemudian napasnya menjadi tidak teratur, dan ada kesenjangan panjang dan terengah-engah sedikit. Dua jam setelah saya tiba, Gilda sudah pergi. Sementara dia sadar, saya tidak pernah mengatakan selamat tinggal.

Bagi kami, itu semua dimulai pada hari Minggu pertama bulan Januari 1986. Kami sedang berkendara untuk bermain tenis di Los Angeles di rumah seorang teman. Gilda mulai merasa apa yang ia digambarkan sebagai bergulir kabut di. Dia berkata, '' Saya tidak bisa membuka mata. Saya pikir saya akan tertidur. '' Dia berbaring dan tampak seperti dia telah mengambil pil tidur. Kami berhasil sampai ke lapangan tenis, dan sekali dia mulai bermain, itu pergi.

Kami pikir itu mungkin tidak serius, tapi dia pergi ke internis di Los Angeles untuk check it out. Dia melakukan pemeriksaan darah lengkap dan datang kembali dan berkata, '' Anda memiliki virus Epstein-Barr, kelelahan kronis. '' Dia mengatakan, '' Pulanglah, santai, jangan khawatir tentang hal itu. "" Tapi selama berikutnya bulan gejala terus datang. Mereka akan datang selama 10 hari dan pergi. Kelelahan tiba-tiba, perasaan kabut akan memukul, dan kemudian dia akan tidur siang di sore hari dan terbangun dengan perasaan baik-baik saja.

Kami meninggalkan L.A. untuk rumah kami di Connecticut, dan gejala-gejala memburuk. Dia begitu kembung dia mulai mengalami kesulitan mengancingkan bagian atas celana panjangnya. Dia menatapku dan berkata, '' Saya tidak bisa menutup tombol ini. "" Dan dia tidak bertambah gemuk.

Pada bulan Juni kami pergi ke Paris, dan saya membawanya ke favorit bistro saya. Setelah kami makan, dia mulai merasa tidak nyaman, dan ketidaknyamanan tumbuh ketika kami pergi ke luar berjalan di jalan. Dia bilang dia punya kram, nyeri di perutnya, mengerikan kembung. Dia berbaring dan dua kali lipat selama di tepi jalan sementara aku berteriak untuk taksi untuk kembali ke hotel. Pada bulan Juli kami kembali, dan ia mulai mengembangkan apa yang disebut kaki gelisah. Dia tidak bisa menjaga mereka masih. Dia telah menembak nyeri bawah pahanya. Semua waktu dia bergerak mereka, bahkan di tempat tidur di malam hari. Bergerak, bergerak, bergerak sampai akhirnya dia pergi tidur.

Semua bulan ini kami telah melihat dokter yang berbeda. Sebuah ginekolog di California melakukan pemeriksaan panggul dan mengatakan semuanya baik-baik saja. Salah satu dokter mengira gejala hanya harus melakukan dengan ovulasi nya. Di New York ginekolog mengatakan dia pikir itu adalah masalah perut. Kami pergi ke pencernaan yang melakukan beberapa pekerjaan darah, sonogram dan panggul. Dia mengatakan itu bukan sesuatu yang mengancam jiwa. Dia mengatakan, '' Dia seorang gadis emosional sangat gugup. Dia harus santai '' Gilda terus berkata kepada semua dokter, '' Ini bukan kanker, itu '' Tapi dokter -.? Setiap satu dari mereka selama 10 bulan - mencatat fakta bahwa Gilda adalah-berperasaan halus orang dan terus mengatakan padanya, '' tidak, jangan khawatir. Pulang dan bersantai. ''

Kemudian Gilda mulai mengasapi sehingga perutnya terjebak seperti balon. Kami kembali ke California, dan dia pergi untuk melihat internis lagi. Dia mengirim dia untuk ujian ginekologi lain. Mereka menemukan apa-apa. Kemudian dia melakukan lebih banyak pekerjaan darah, dan akhirnya, tiga minggu kemudian, dia menelepon dan mengatakan kepada kita untuk datang. '' Ada yang tidak teratur tentang fungsi hati Anda, '' katanya. Gilda mulai menjerit, '' Apa maksudmu? Apa yang kamu katakan?''

Pada 24 Oktober ia memasukkan ke dalam rumah sakit. Malam itu, 10 bulan setelah Gilda diperiksa pertama, dokter mengatakan kepada kami, '' Kami telah menemukan keganasan. '' Ketika ia pertama kali mendengar kata-kata '' kanker ovarium, '' Gilda menangis, tapi kemudian ia berpaling kepada saya dan kata, '' Alhamdulillah, akhirnya seseorang percaya padaku! ''

Ketika aku meninggalkan malam itu, dokter membawa saya di luar. Aku tidak pernah mengatakan ini, tapi dia mengatakan, '' Dia tidak memiliki banyak kesempatan. '' Mereka beroperasi 36 jam kemudian dan menemukan tumor jeruk ukuran. Itu maju kanker ovarium, Tahap IV. Dokter mengatakan, '' Saya meninggalkan Anda bersih. '' Lalu datanglah dunia kemoterapi sekali setiap tiga minggu untuk bulan. Gilda ingin menemukan humor di dalamnya untuk membuatnya kurang menakutkan. Kami membuat video-nya selama kemoterapi bahwa dia akan bermain kembali nanti, ketika dia merasa lebih baik. '' Lihat aku, '' dia akan mengatakan, terpental sekitar seperti dia adalah juara kelas ringan dunia. Ketika rambutnya rontok, dia sangat terpukul, tapi akhirnya dia membuat lelucon tentang itu juga.

Dari semua kesalahan saya membuat berurusan dengan penyakitnya, dan aku berjanji Saya telah membuat beberapa aku terlalu malu untuk dibicarakan, itu tidak pernah menjadi masalah ketika Gilda kehilangan rambutnya. Mereka tauge kecil yang tumbuh di atas kepalanya yang menggemaskan, seperti bayi yang baru lahir. Saya pikir itu seksi. Dan semakin saya berpikir bahwa, semakin bahagia itu membuat Gilda. Tapi tetap, kami berdua memiliki masa-masa sulit. Tidak peduli seberapa sering dia pergi untuk kemo, malam sebelum itu selalu buruk karena ia tahu ia akan begitu sakit sesudahnya. '' Saya tidak ingin pergi, '' dia akan mengatakan menangis. Gilda akan melalui neraka, tapi untuk sementara dokter mengira perawatan bekerja. Satu internis mengatakan kepada kami, '' Apakah Anda menyadari betapa beruntungnya Anda? Ini bisa menjadi obatnya. '' Dia memberi kami harapan. Tapi dia tidak tahu banyak tentang kanker ovarium maju - dan juga tidak kita.

Untuk minggu setelah Gilda meninggal, aku berteriak di dinding. Aku terus berpikir untuk diri sendiri, '' Ini tidak masuk akal. '' Faktanya adalah, Gilda tidak harus mati. Tapi aku tahu, Gilda adalah bodoh - dokter yang bodoh.

Dia bisa hidup hari ini jika aku tahu apa yang saya tahu sekarang. Gilda mungkin telah tertangkap pada tahap yang kurang maju jika dua hal telah dilakukan: jika dia telah diberi tes darah CA 125 sesegera ia menggambarkan gejala ke dokter bukan 10 bulan kemudian, dan jika dokter telah dikenal signifikansi bertanya padanya tentang sejarah keluarganya kanker ovarium. Tapi mereka tidak. Jadi Gilda pergi melalui siksaan di Underworld dan pada akhirnya, saya merasa dirampok.

Semua bersama saya terus mendengar Gilda mengatakan, '' Jangan hanya duduk di sana, boneka, melakukan sesuatu! '' Jadi saya mulai menghubungi para ahli, mencari penjelasan. Di antara banyak dokter saya menelepon adalah Dr. Ezra Greenspan, Gilda New York onkologi. Aku bertanya, '' Bagaimana jika seseorang telah diberikan Gilda tes darah CA 125 ketika ia pertama kali mulai menunjukkan gejala? '' Dia mengatakan kepada saya, '' Dia bisa hidup hari ini. '' Alasan saya telah bekerja untuk diriku sendiri sederhana , dan aku hidup dengan itu. Para dokter yang bekerja dengan Gilda adalah orang-orang kebanyakan yang indah. Tapi ada satu hal: Tak satu pun dari mereka menempatkan semuanya bersama-sama dan berkata, '' Tunggu sebentar, sekarang. Apakah ada dalam keluarga Anda memiliki kanker ovarium? ''

Seperti yang terjadi, nenek Gilda ini, sepupunya dan bibinya menderita kanker ovarium, tapi dia tidak tahu itu. Kalau saja mereka telah mengambil riwayat keluarga menyeluruh, dia akan tahu. Begitu banyak dari para dokter menulis off apa Gilda mengatakan kepada mereka dengan mengatakan dia adalah, emosional, gadis saraf tegang tinggi. Tapi itu tidak mengapa ia meninggal.

Jika saya harus menangis atau berpikir sedikit, aku akan pergi ke pemakaman di mana dia dimakamkan memastikan pohon teman-teman kita yang ditanam baik-baik dan alasan yang terus. Saya pikir salah satu hal yang akan membuat Gilda bahagia adalah jika Sparkle, Yorkshire terrier-nya, kencing-kencing tepat di atas kuburnya. Satu untuk Mama. Dia tertawa.

Saya tidak merasa bersalah tentang apa yang terjadi. Kami semua begitu bodoh tentang kanker ovarium. Itulah salah satu alasan saya pergi ke Kongres untuk bersaksi. Saya tidak suka memberikan pidato. Itu membuat saya gugup. Tapi aku terus mendengar Gilda berteriak, '' Sudah terlambat untuk saya. Jangan biarkan hal itu terjadi pada orang lain. ''

Saya telah belajar banyak tentang kanker ovarium sejak Gilda meninggal, tapi aku sudah menghindari pembicaraan tentang hal itu dengan cara yang begitu umum karena saya tidak ingin berpura-pura menjadi seorang dokter. Tapi kita harus belajar dari masa lalu, dari kesalahan. Saya berharap dalam beberapa cara kecil untuk membantu yang lain Gildas di luar sana. Ketika aku sedang berjalan melalui lorong-lorong Kongres, menunggu untuk bersaksi, aku bisa mendengar bahwa serak, suara merengek - Gilda ini - mengatakan, '' Ayo, jangan membuat masalah besar dari itu. Sekarang, jangan lembek, tidak mendapatkan melankolis. Anda tidak korban. Saya adalah korban. Jangan pergi lembut dan sedih dan puitis, seakan tragedi besar terjadi padamu. ''

Oke, oke, Gilda. Sekarang akan Anda berhenti berteriak di telingaku!

Rifanfinancindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar